Cari Uang dengan main game

NEWS

JIKA ANDA INGIN LEBIH TERHUBUNG DENGAN SHAQ BLOG,SILAKAN DOWNLOAD TOOLBAR SAYA DISINI...TERIMA KASIH

Hindari komsumsi Ikan Sapu-Sapu




Masyarakat sebaiknya waspada dalam mengonsumsi ikan sapu-sapu yang ditangkap dari Bengawan Solo. Sebab, ikan itu yang merupakan biota perairan di sungai tersebut telah tercemar logam berat seperti tembaga (Cu), kadmium (Cd), dan timbal (Pb).

Demikian antara lain kesimpulan hasil penelitian dua mahasiswa, yaitu Ristyana Eko Setyarini dari Fakultas Ilmu Kedokteran UMS dan Uning Susilowati -mahasiswa D3 Kesehatan Lingkungan UMS.

“Ikan sapu-sapu merupakan biota yang mengonsumsi endapan Bengawan Solo. Endapan itu tercemar logam pada konsentrasi yang relatif tinggi, sehingga polutan itu masuk dan terakumulasi di tubuh ikan sapu-sapu,” kata Ristyana Eko Setyarini, baru-baru ini.

Ristyana memaparkan, apabila di dalam tubuh makhluk hidup telah terkontaminasi logam berat dalam jumlah besar, akan dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan.

Dampak yang ditimbulkan oleh tembaga adalah kerusakan hati, sedangkan untuk logam kadmium berdampak antara lain penyakit ginjal, gangguan lambung, dan kerapuhan tulang.

Anemia

Selain itu, juga berkurangnya haemoglobine darah dan pigmentasi gigi. Dampak yang ditimbulkan timbul antara lain kerusakan saraf otak, anemia, dan kelumpuhan.

Karena itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran UMS tersebut menyarankan hendaknya masyarakat tidak mengonsumsi ikan sapu-sapu yang berasal dari Bengawan Solo.

Menurut Ristyana, metode yang digunakan untuk meneliti kandungan logam berat pada ikan sapu-sapu tersebut adalah AAS (Atomic Absorbsion Spectrophotometer). Logam berat yang diteliti adalah tembaga (Cu), kadmium (Cd), dan timbal (Pb).

Dalam penelitiannya, Ristyana mengambil sampel di tiga titik, dan setiap titik diambil sampel ikan sapu-sapu tiga ekor. Tiga titik sampel tersebut meliputi DAS Bengawan Solo yang ada di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, outlet Sungai Premulung daerah Bekonang, Sukoharjo, dan outlet Kali Anyar daerah Jebres Solo. Dari penelitian itu diketahui bahwa rata-rata kandungan logam berat.

sumber: http://www.suaramerdeka.com/harian/0503/05/slo09.htm

Tags: ,
Label:

3 komentar:

  1. Beben mengatakan...:

    iyah bahaya banget tuh...
    kalo ada ikan vacum cleaner aja deh
    hehe...3x

  1. ImamS mengatakan...:

    Justru saya belum pernah tahu kalo ikan tersebut bisa dimakan.

    Benar juga kata beben, mendingan kita jadikan sebagai vacum cleaner tapi untuk akuarium saja.

  1. aguestri mengatakan...:

    Wah thank sob infonya, maklum ane juga penggemar Ikan, emm lazis to kalo makan pakai ikan

Posting Komentar