Cari Uang dengan main game

NEWS

JIKA ANDA INGIN LEBIH TERHUBUNG DENGAN SHAQ BLOG,SILAKAN DOWNLOAD TOOLBAR SAYA DISINI...TERIMA KASIH

Pisces Vetebrata Air



Shaq Blog-Hi...jumpa lagi,sekarang Shaq Blog akan aktif pada hari kamis jam13.30 dan Hari Sabtu jam 14.oo dan 00.00.Kali ini saya akan share tentang Pisces(bukan bintang pisces)Bagi murid yang sudah duduk di kelas X mungkin sangat membutuhkan info ini.Ya..langsung kita ke topik saja.
Ikan merupakan kelompok vertebrata air(pisces) yang jumlahnya sangat melimpah. Ada sekitar 25.000 spesies ikan yang diperkirakan hidup dibumi ini, baik di air tawar ataupun di laut.
Vertebrata mirip ikan ada di Amerika Utara, Eropa, dan Australia. Fosil yang ditemukan diperkirakan berasal dari periode Ordovician (440-510 miliar tahun lalu).
Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Untuk meneruskan keturunan tentu saja ikan perlu bereproduksi.
Ciri umum dari pisces adalah:

-Hidup di air
-Bersisik dan berlendir
-Berenang dengan menggunakan sirip
-Bernafas dengan insang
-Alat pencernaan sempurna

KLASIFIKASI KELAS PISCES YANG SAYA DAPAT ADA 7:
1.Kelas Agnatha
-mempunyai rahang
-Tidak kulit tidak bersisik -Parasit pada kian besar
-mulut berbentuk lingkaran
-Mempunyai lidah
2.Kelas Chondrichthyes
-Mulut dan lubang hidung
-terletak di bagian ventral
-Mempunyai lidah dan rahang -Kulit bersisik plakoid dan berlendir
-Mempunyai dua pasang sirip dan sirip ekor -Terdapat kloaka
3.Kelas Osteichthyes
-Mulut berahang -Bergigi dan berlidah
-Kulit berlendir, dan bersisik
-Terdapat gelmbung renang -Hidup di rawa dan laut juga air tawar
4.Osteostracida
Memiliki ciri-ciri berupa kepala
yang memiliki perisai, sepasang
bukaan (diperkirakan merupakan
organ mata), dan bukaan tunggal
di bawah kanal naso-hipofaringeal.
5.Anaspida
Memiliki tubuh yang streamline
(pipih) dan sisik yang kecil berguna
untuk menjadi perenang yang
tangguh. Ekor hiposersal mungkin
dihasilkan dari bagian anterior
(berenang). Di bagian belakang
kepala ada barisan pori-pori yang
dipertimbangkan sebagai insang.
6. Cypriniformes
Kelompok ini merupakan kelompok
dengan jumlah spesies sekitar 2422,
yang termasuk dalam 6 famili dan
256 genus. Cypriniformes meliputi
ikan kecil dan ikan berbentuk seperti
ikan mas. Cypriniformes meliputi
ikan air tawar di Amerika Utara,
Afrika, Eurasia, India, China, Malaya
dan Borneo.
7.Acanthodii
Kelompok ini sering dijuluki dengan hiu
berduri. Secara relatif memiliki bentuk
yang memang mirip dengan ikan. Hidup
pada pertengahan periode Silurian dan
punah pada pertengahan Permian (290-
245 Miliar tahun lalu). Kebanyakan
kelompok Acanthodii merupakan
kelompok ikan kecil yang tidak lebih
dari 20 cm, tetapi ada yang ukurannya
diperkirakan lebih dari dua meter.
Acanthodii memiliki duri yang kuar
sebelum sirip dorsal, sirip anal, dan
sepasang sirip. Memiliki sisik yang
mirip dengan mahkota.
Acanthodii memiliki karakter berupa
mata yang lebar, diperkirakan
merupakan perenang pada perairan
tengah, beberapa di antara mereka
mengembangkan gigi yang kuat,
sedang sebagian yang lain merupakan
filter feeder, yaitu memeroleh makanan
dengan menyaring air yang ada
disekitarnya.
PROSES PERKEMBANGBIAKAN PADA PISCES
Tadikan sudah dikatakan Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Untuk meneruskan keturunan tentu saja ikan perlu bereproduksi.
Lalu Cara reproduksi pada Pisces Bagaimana???
Bagaimana Ikan Bereproduksi?
Pada dunia perikanan, organ dalam pada ikan ini biasa disebut Gonad.
Ovary
Ovary pada ikan terdiri dari banyak telur. Setiap jenis ikan memiliki ukuran telur sendiri, ada yang besar dan ada yang kecil. Ukuran telur akan menentukan jumlah telur yang dimiliki oleh seekor induk. Ikan yang memiliki ukuran telur besar contohnya ikan Nila dan Arwana, akan memiliki jumlah telur yang lebih sedikit disbanding dengan ikan yang ukuran telurnya kecil seperti ikan Cupang dan Mas. Hal ini disebabkan oleh kapasitas yang dimiliki si induk untuk menampung telur. Ukuran telur ikan banyak ditentukan oleh ukuran kuning telurnya. Makin besar kuning telur makin besar pula peluang embrio untuk bertahan hidup.
Ovarium pada Elasmoranchi padat, tapi kurang kompak, terletak pada anterior rongga abdomen. Pada saatdewasa yang berkembang hanya ovarium kanan. Pada Teleostei tipe ovariumnya sirkular dan berjumlah sepasang.
Saluran reproduksi Elasmoranchi berjumlah sepasang, bagian anteriornya berfusi yang memiliki satu ostium yang dikelilingi oleh fimbre-fimbre. Oviduk sempit pada bagian anterior dan posteriornya. Pelebaran selanjutnya pada uterus yang bermuara di kloaka. Pada Teleostei punya oviduk pendek dan berhubungan langsung dengan ovarium. Pada bagian posterior bersatu dan bermuara pada satu lubang. Teleostei tidak memiliki kloaka.

Testis
Testis adalah organ reproduksi jantan yang terdapat berpasangan dan terletak di bawah tulang belakang. Testis ikan berbentuk seperti kantong dengan lipatan-lipatan, serta dilapisi dengan suatu lapisan sel spermatogenik (spermatosit). Sepasang testis pada jantan tersebut akan mulai membesar pada saat terjadi perkawinan, dan sperma jantan bergerak melalui vas deferens menuju celah/ lubang urogenital.
Testis berjumlah sepasang, digantungkan pada dinding tengah rongga abdomen oleh mesorsium. Bentuknya oval dengan permukaan yang kasar. Kebanyakan testisnya panjang dan seringkali berlobus.
Saluran reproduksi, pada Elasmoranchi beberapa tubulus mesonefrus bagian anterior akan menjadi duktus aferen dan menghubungkan testis dengan mesonefrus, yang disebut dutus deferen. Bahian posterior duktus aferen berdilatasi membentukvesikula seminalis, lalu dari sini akan terbentuk kantung sperma. Dutus deferen akan bermuara di kloaka. Pada Teleosteisaluran dari sistem ekskresi dan sistem reproduksi menuju kloaka secara terpisah.
Proses fertilisasi/pembuahan pada ikan ada 2 cara, yakni pembuahan di dalam (internal fertilization) dan pembuahan di luar (external fertilization). Namun demikian kebanyakan jenis ikan melakukan pembuahan diluar (external fertilization). Ikan yang melakukan pembuahan diluar disebut ikan jenis ovipar. Ikan jenis ovipar mengeluarkan telur dari dalam tubuhnya untuk dibuahi oleh “si jantan”. Proses pembuahan sel telur (oosit) oleh sel sperma berlangsung diluar tubuh ikan dimana sperma memasuki sel telur melalui sebuah lubang yang disebut dengan mikrofil. Umumnya hanya satu sperma yang dapat masuk ke dalam sebuah sel telur. Oosit yang telah dibuahi oleh sel sperma disebut zigot.
Sebaliknya ikan yang melakukan pembuahan di dalam disebut ikan jenis ovovivipar. Ikan jenis ini berkembang biak dengan cara melahirkan. Pembuahan terjadi di dalam tubuh ikan betina (internal fertilization). Embrio berkembang di dalam tubuh induk betina, kemudian melahirkan anak yang sudah berwujud mirip dengan induknya. Ikan yang berkembangbiak secara ovovivipar adalah ikan dari famili Poecilidae, seperti platy, guppy, dan molly. Kelangsungan hidup anakan memang baik, tetapi jumlah anakan yang dihasilkan setiap kelahiran tidak dapat banyak karena daya dukung induk terbatas (seperti pada halnya manusia).
Proses kawinnya ikan didahului dengan pematangan sel-sel telur pada betina dan sel-sel sperma dalam testis pada ikan jantan. Selanjutnya proses kawin (spawning) pada ikan ini berlangsung secara alamiah/insting. Diketahui ada cara lain dalam perkembangbiakan ikan yang direkayasa oleh manusia. Proses ini disebut “kawin suntik”. Namun proses ini umumnya adalah untuk mematangkan gonad pada ikan yang dirangsang sedemikian rupa sehingga si ikan mudah mengeluarkan telurnya dan mempercepat proses fertilisasi.
Pada sebagian besar ikan, betina dan jantan merupakan individu terpisah. Akan tetapi, pada beberapa famili, seperti Sparidae dan Serrinadae, jantan dan betinanya bisa terdapat pada satu invidu sehinga mereka dapat melakukan pembuahan sendiri. Fenomena ini dikenal sebagai hermaphroditic. Pada hermaphroditic, telur dan sperma sama-sama dihasilkan (baik pada waktu sama, maupun berbeda), selanjutnya mereka kawin dengan jenis hermaprodit lainnya. Pembuahan sendiri secara eksternal bisa terjadi pada ikan hermaphrodit yang akan mengeluarkan telur dan sperma secara simultan. Pada jenis hermaphrodit yang lain pembuahan internal sendiri juga dapat berlangsung.

PERANAN PISCES
Sumberprotein hewahi dan vitamin A Lemak ikan adalah sumber asam lemak tidak jenuh bahan kerajinan (sepatu, tas, sampul buku, pelapis kotak) bahan praktikum / penelitian tulangnya untuk bahan perekat sisa-sisanya dibuat tepung untuk pupuk atau makanan ternak

nah sudah tahu kan....Gambar-Gambarnya akan di posting pada hari Sabtu.

0 komentar:

Posting Komentar